Jumat, 20 Juni 2014

Ikan Pari Minimalis


Bosan dengan menu makanan berlemak atau berminyak banyak?   Cobain dech resep ini.
Resep ini minimalis bumbu dan minyak/lemak  tetapi  sedap seger,   cocok untuk orang yang sebelumnya suka makan daging ,tetapi suatu waktu demi kesehatan ataupun saran dokter harus diet daging  mamalia dan diet makanan berlemak  ataupun banyak minyak.  Yang perlu diingat agar hati-hati memilih daging Ikan Pari,  karena ada jenis Ikan Pari  yang khasnya berbau pesing. Jangan sungkan-sungkan mencium aroma ikan Pari yang akan kita beli,  jika berbau pesing lebih baik tidak usah dibeli,   Pastikan bahan masakan kita adalah daging Ikan Pari yang tidak mengandung zat beraroma pesing.


Daging  Pari  Minimalis
Untuk 5-6  porsi


Bahan:
Daging serat Ikan Pari   500gr
Asam Nipis 1 b  untuk mencuci ikan
Asam Glugur 2 potong,  potong-potong kecil halus
Lengkuas 1 ½  ruas jari
Bawang merah 1 siung
Daun Salam 3 lembar
Gula putih  1 ½  sdm
Garam secukupnya
Bubuk penyedap 1/3 sdt jika suka
Minyak sayur 4 sdm
Air 500 ml

Bumbu Rebus Halus:
Cabe merah keriting  8 b
Cabe merah kering 6 b
Bawang merah 5 siung
Bawang putih 2 siung
Tomat merah ukuran sedang 1 b
Lada putih 10 butir

Cara buat:
Bersihkan semua bahan mentah padat di air mengalir.   
Buang  tulang ikan yang telah menegeras  jika ada,  potong-potong petak sesuai selera . Bilas, siram dengan perasan jeruk nipis. Biarkan  3 menit , cuci dan bilas di air mengalir kemudian tiriskan.

Didihkan air 200 ml di dalam wajan tambahkan ½ sdt minyak sayur , masukkan bahan bumbu rebus  kecuali lada putih   masak hingga matang. Angkat tiriskan kemudian haluskan.  Tambahkan lada putih, haluskan.   Potong  lengkuas menjadi 3 bagian dan geprek.

Panaskan wajan di atas kompor masukkan potongan-potongan daging ikan Pari. Masak hingga beku wujudnya memadat seperti beku. Angkat sisihkan.
Panaskan minyak sayur 3 ½ sdm  di dalam wajan. Masukkan 1  siung bawang merah  yang telah diiris-iris halus, aduk hingga wangi, masukkan Bumbu Rebus Halus,  daun salam, garam,gula, bubuk penyedap, aduk-aduk masak hingga matang. Tambahkan air 300 ml.Masak hingga mendidih, masukkan: potongan –potongan daging Pari,  lengkuas, potongan-potongan Asam Glugur. Masak hingga airnya menyusut tinggal ±100 ml  atau sampai mengering jika suka. Matikan api kompor. Angkat hasil masakan tempatkan di wadah. Daging Pari Minimalis siap untuk dinikmati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar