Sabtu, 28 Juni 2014

Ayam Goreng Saus Tomat
Untuk 4 porsi 

Bahan :
Ayam  2 potong besar  500 gr
Bawang Daun 1 jengkal
Saus Tiram 1 ½ sdm
Lada putih ¼ sdt
Lada hitam  ¼  sdt
Bawang putih 1 b
Tepung beras 3 sdm
Tepung Kanji shanghie 1 sdm
Ketumbar 1 sdm
Minyak  sayur 250 gram
Mentega “B” 1 sdm
Garam secukupnya
Maizena 1 sdm
Telur ayam 1 b
Air secukupnya

Bumbu Halus A:
Cabai merah keriting 6 b
Bawang merah 1 b
Bawang putih 3 b

Bumbu Halus B:
Tomat merah 1 b ukuran sedang

Cara buat:
Potong ayam  masing-masing menjadi  2 bagian, bersihkan sucikan, sisihkan.
Didihkan 1 gelas lebih  air di dalam wajan, masukkan potongan ayam, rebus hingga hampir matang dan airnyapun mengering.Sisihkan.    Bersihkan sucikan semua bahan-bahan padat. Rajang daun bawang sesuai selera, sisihkan.

Haluskan ketumbar +bawang putih 1 b + merica +garam ½ sdt,  hasilnya  aduk  rata dalam campuran Tepung Beras dan Tepung Kanji tempatkan di dalam wadah tersendiri.  Kocok telur di dalam wadah lain.   Masukkan potongan ayam satu persatu kedalam telur kocok,hingga semua permukaan potongan ayam basah,  letakkan potongan ayam di atas tepung adonan kering, tutupi semua permukaann daging dengan taburan tepung, sisihkan di wadah kering. Lakukan hal yang sama untuk setiap potongannya.  Goreng hingga warna kecoklatan dan balikkan permukaan atas dan bawah agar merata kematangan tepungnya,  angkat dan tempatkan dalam wadah  sisihkan. Buat sayatan gurat sedalam 1/2 ketebalan daging tujuannya agar nantinya siraman saus dapat mudah meresap ke dalam daging dan mudah saat menikmatinya.

Panaskan mentega di dalam wajan, masukkan bumbu halus A  aduk hingga wangi, masukkan bumbu halus B, masukkan rajangan daun bawang,tambahkan saus tiram  aduk-aduk, tambahkan 1 gelas air didihkan. Kecilkan api, tambahkan larutan tepung Maizena, aduk-aduk hingga  merata kekentalannya, matikan api kompor ,siramkan  sausnya di atas potongan ayam. Tambahkan  kentang goreng, Ayam Goreng Saus Tomat siap untuk dinikmati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar