Jumat, 27 Juni 2014

Mie Kuah Ayam Bakso

Musim hujan mulai tiba meskipun bukan di  bulan yang namanya berakhiran ber-ber.
Kadang unutuk makan malam , males makan nasi. Jangan kuatir menu makan malam bisa kita ganti dengan Mie Kuah Ayam Bakso. Rasanya seger mengenyangkan,menghangatkan plus bergizi baik.

MIE KUAH AYAM BAKSO
Untuk 3-4 porsi

Bahan:
Mie lidi putih 200 gram
Mie lidi orange 100 gram
Bawang Bombay  ukuran sedang  ½ b
Bawang daun 1 jengkal
Seledri 1 tangkai
Bakso 15-30 butir
Ayam kampung atau ayam eropa 2 potong
Minyak sayur 8-9 sdm
Air 1500 ml
Garam secukupnya
Bubuk penyedap sedikit 1/3 sdt  jika suka

Bumbu Halus:
Cabai merah 6-9 b
Bawang merah 4 siung
Bawang putih 3 siung
Lada putih 20 butir atau 1sdt
Jahe ½ ruas jari
Jinten manis 1/3 sdt
Jinten pedas 1/3 sdt
Biji Pala 1/3 b
Kelopak Bunga lawang 3 keping
Kapulaga 2 b

Cara Buat:
Didihkan 1000 ml air di dalam wajan  tambahkan 2 sdm minyak sayur, masukkan mie atur api kompor sedang, jika mie sudah matang  ditandai bentuknya kenyal, angkat masukkan ke dalam panci rendam 3 menit  dengan air dingin, masukkan ke dalam panci saring  dan siram kembali 1 kali dengan air dingin, segera tiriskan.

Cuci semua bahan padat mentah di air mengalir. Haluskan bumbu.
Rebus potongan ayam hingga matang, angkat ayamnya dinginkan iris –iris kecil. Air kaldu rebusan ayam nya akan digunakan.
Jika bakso masih beku karena sebelumnya difreezer maka direndam air dingin 3 menit dan rebus di air kaldu hingga mengapung.
Potong-potong Bawang Bombay membentuk dadu
Potong-potong daun bawang dan seledri ukuran ½ cm atau lebih halus ,sesuai selera.


Panaskan minyak sayur 7 sdm, masukkan potongan bawang Bombay aduk-aduk ,masukkan bumbu halus aduk-aduk hingga wangi, masukkan potongan ayam, masukkan potongan sawi putih aduk-aduk hingga setengah matang, tambahkan air kaldu , masak hingga mendidih.
Masukkan mie , masukkan potongan daun bawang dan seledri aduk-aduk  semua bahan menyatu bercampur rata, dan 2 menit sebelum mie diangkat masukkan bakso, aduk-aduk merata, jika dirasa kuah  masih kurang boleh tambahkan air matang panas 1 gelas atau 200 ml lagi atau lebih sesuaikan dengan selera. Tambahkan garam dan bubuk penyedap jika suka.  Hati-hati menambahkan jumlah garam karena mie lidi asalnya sudah berasa asin. Jika semua bahan masakan mie sudah  matang, matikan api kompor . Angkat hasil masakan. Sajikan hasil masakan di dalam piring atau mangkok.Mie Kuah Ayam Bakso siap untuk dinikmati.
Jika menikmati hasil masakan ditunda maka sebaiknya hasil masakan diangkat dengan memisahkan antara mie dengan kuah. Dan ketika sebelum akan menikmatinya terlebih dulu menghangatkan kuahnya dan menyiramkannya ke mie yang telah disajikan .
Tetapi Mie Kuah Ayam Bakso lebih nikmat dimakan dalam keadaan hangat-hangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar