Jumat, 27 Juni 2014

Sawi Putih

Ada yang tidak suka mengkonsumsi sayuran Sawi Putih karena alasan rasanya tidak menggugah  selera, aroma khas alamiahnya kurang enak. Tetapi sebenarnya dengan bumbu sederhanapun Sawi Putih bisa diolah menjadi sayuran yang nikmat lezat dan tetap bergizi. Untuk menghilangkan bau khasnya yang menurut sebagian orang tidak enak, dapat dilakukan dengan merendamnya selama 2-4 menit di air panas  sebelum digunakan.

Sawi Putih
Untuk 4 porsi

Bahan:
Sawi putih 8 tangkai
Santan 500 ml dari ½ kelapa
Ebi  1 sdm, dihaluskan
Garam secukupnya
Gula putih ½ sdm
Bubuk penyedap rasa( jika suka )
Minyak sayur 2- 3 sdm
Daun Salam 2 lembar

Bumbu Halus:
Bawang merah 4 siung
Bawang putih 2 siung
Merica  10 butir
Jahe 1 ruas jari
kunyit 1 1/2 ruas jari

Cara Buat:
Bersihkan dan sucikan semua bahan padat di air mengalir.
Haluskan bumbu,  dan haluskan ebi secara terpisah
Buang pangkal tangkai daun sawi putih 1-2 cm, potong-potong kira-kira 3 cm atau sesuai selera, pisahkan bagian tangkai dan bagian daunnya.
Didihkan air di dalam panci perebus, masukkan bagian tangkai aduk hingga semua terendam , tunggu sampai 3-4 menit, angkat tiriskan. Selanjutnya masukkan bagian daunnya pastikan terendam dan biarkan selama 2 menit , angkat sisihkan.

Panaskan minyak sayur  tumis bumbu halus hingga wangi, kurangi besarnya  api,masukkan ebi halus aduk-aduk hingga tercampur rata masukkan rebusan tangkai aduk-aduk, masukkan bagian potongan daun kemudian masukkan santan, kacu-kacu  bagian santannya agar tetap pati santannya terlarut. Tambahkan garam secukupnya, gula dan bubuk penyedap rasa secukupnya(jika suka). Jika sudah matang ,matikan kompor, angkat dan sajikan.  Sawi Putih Ebi  siap untuk dinikmati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar