Minggu, 06 Juli 2014

Genjer Tumis

Sayuran Genjer mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk melancarkan saluran pencernaan karena mengandung banyak serat,  dapat menghindarkan konsumernya  dari penyakit kanker kolon (kanker Usus besar) dan sembelit. juga mengandung nutrisi yang dapat menambah nafsu makan.

Genjer Tumis
Untuk 3-4 porsi

Bahan: 
Genjer 1 ikat 
Kedelai taucho 1 ½ sdm
Saus Tiram 1 sdm
Bawang Bombay 1/5  bagian ukuran sedang , dirajang-rajang kecil
Minyak Sayur 4 sdm
Udang Manis kering 1 sdm, dihaluskan
Jahe 1/2 ruas jari, digeprek

Bumbu Halus:
Cabai merah kering 4 b
Cabai rawit  kecil  6 b
Bawang Putih 1 siung agak besar
Bawang merah 3 siung

Cara Buat:
Bersihkan semua bahan padat di air mengalir, cuci kedelai taucho dengan memasukkannya ke saringan dan cuci di air mengalir atau mengalirkan air di atasnya, sisihkan. 
Genggam Genjer dan potong-potong Genjer seukuran 2 ruas jari sekaligus. Masukkan dalam wadah berisi air , agak peras-peras Genjer di dalam wadah tersebut, bersihkan di air mengalir, sisihkan.

Panaskan minyak sayur , masukkan potongan bawang Bombay, masukkan bumbu halus, jahe , sambil diaduk-aduk masukkan saus tiram, kedelai taucho dan aduk-aduk hingga merata,  masukkan Genjer aduk-aduk hingga hasil masakan  bercampur  rata . Penulis tidak menggunakan garam karena merasa sudah cukup rasa asin yang disumbangkan oleh kedelai taucho dan udang manisnya, Bila Genjer sudah  layu dan masih hijau, matikan api kompor, tempatkan hasil masakan di dalam wadah. Genjer Tumis siap untuk dinikmati.

Referensi Manfaat Genjer Bagi Kasehatan:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar