Senin, 07 Juli 2014

Kembung Kukus Brokoli

Menu ikan Kembung Kukus, mantap segarnya, rasa daging ikannya manis gurih alami ditambah bumbu menambah cita rasa tersendiri enaknya.  Penulis menambahkan sayuran Brokoli dan kacang Ercis, agar unsur nutrisi dari nabatinya terpenuhi. Brokoli dikenal sebagai salah satu makanan yang mengandung anti oksidan/anti toksin yang banyak dan kacang-kacangan juga demikian.  Jadi deh ..menu sehatnya. ^_^


Bahan:
Ikan Kembung  besar segar 2 ekor
Brokoli  12 bongkah
Kacang Ercis  10 papan
Santan 2 sendok sayur
Garam sesuai selera
Minyak Sayur 3 sdm
Daun Pisang secukupnya,
Tusuk gigi/ lidi  untuk menyemat bungkusan masakannya

Bumbu Halus:
Cabai keriting kering  10 b
Bawang merah 4 b
Bawang putih 2 b
Lada Putih 6 butir
Kunyit bulat 2
Kunyit 1 ruas jari
Lengkuas 1 ruas jari digeprek

Cara Buat:
Bersihkan semua bahan mentah padatan di air mengalir.  Buang isi perut ikan ,cuci di air mengalir lumuri 3 menit  dangan air perasan jeruk nipis agar nantinya aroma amis ikannya hilang, setelahnya cuci lagi. Biarkan ikannya utuh .cukup hanya membuat 2 guratan di masing-masing sisi ikan agar bumbu mudah meresap.  Haluskan bumbu benar-benar halus.  Brokoli dalam bentuk bongkahan-bongkahan yang sama. Buang ujung-ujung kacang Ercisnya.    Panaskan air dalam kukusan.

Panaskan minyak sayur , masukkan bumbu halus aduk aduk hingga wangi tambahkan sayurannya, santan, aduk-aduk 2 menit. Angkat, sisihkan.   
Siapkan daun bersihkan , belah daun dengan ukuran lebarnya  yang mampu menyelubungi ikan tanpa bocor. Atur daun sedemikian rupa, BorehkanSayuran bumbu di atas daun, letakkan ikan dan kembali borehkan sayuran bumbu di atas ikan, masukkan bumbu di dalam belahan perut ikan dan siram bumbu ke  dalam guratan sisi ikan. Gulung daun hingga membungkus, sematkan lidi di ujung-ujung daun dan di  bagian tengah agar tidak ada bagian isi daun yang keluar nantinya.
Masukkan daun ke dalam kukusan. kukus selama 30 menit atau hingga ikan matang yang ditandai dengan warna daun pembungkusnya telah berubah warna menjadi  hijau lumut kecoklat-coklatan.
Matikan kompor, angkat bungkusannya, letakkan dalam wadah. Gunting/potong daun pembungkusnya  jika merepotkan saat kita menikmati hasil masakan.
Kembung Kukus Brokoli siap untuk dinikmati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar