Selasa, 08 Juli 2014

Oseng-oseng Sotong Bakso

Sotong salah satu bahan makanan dari laut(seafood) yang kaya nutrisi berupa protein dan mineral Calsium. Selain itu mengandung kolesterol.Namun kadar kolesterol pada sotong masih relatif lebih rendah dibandingkan dengan kuning telur, hati, jeroan, serta otak ternak.  Kadar kolesterol dalam bahan makanan seperti Sotong dapat direduksi/dikurangi dengan teknik pengolahan yang tepat. Menyertakan bawang putih, tahu, tomat pada masakan Sotong dapat menurunkan kadar kolesterol dala tubuh.

Oseng-oseng Sotong Bakso

Bahan:
Sotong  yang sudah dibersihkan 800 gram
Bakso 11 b
Tahu 2 potong
Daun jeruk 3 lembar
Kecap manis 2 sdm
Kecap asin 1 ½ sdm
Saus Tiram 1  ½ sdm
Saus  Sambel Seafood  2 sdm
Bawang goreng 2 sdm
Minyak sayur 100 gram, untuk menggoreng tahu
Air 1 ½ - 2  gelas minuman
Tomat merah 1 b
Garam secukupnya

Bumbu Halus:
Cabai merah keriting kering 8  b
Bawang merah 4 siung
Bawang putih 3 siung
Kemiri bulat  2  b

 Bumbu Rajang:
Cabai ijo  8 b
Cabai kecil    6 b
Daun bawang 1 jengkal
Bawang Bombay ¼ bagian
Bawang putih 1 b

Cara buat:
Buang isi perut Sotong , buang mata dan giginya, potong lengannya.  Bilas semuanya tempatkan dalam wadah lumuri dengan perasan jeruk nipis biarkan selama 3 menit,   bilas kembali di air mengalir kemudian sisihkan. Rajang-rajang memanjang semua bagian badan Sotong kecuali bagian kepala.
Panaskan wajan, kecilkan api, masukkan rajangan Sotong, aduk-aduk hingga wujudnya semua mengenyal, tiriskan ,sisihkan. Buang air yang dihasilkan dari ungkepan  tadi.
Dengan tehnik penyiapan Sotong demikian dapat mengurangi  kadar kolesterolnya.

Rajang-rajang cabai ijo dan cabai kecil, cuci di air mengalir
Cuci di air mengalir semua bahan mentah padat lainnya.Rajng-rajang bawang Bombay memanjang. Rebus Bakso hingga kembang, sisihkan.  Potong-potong tahu membentuk dadu,  goreng, sisihkan. 

Panaskan 3 sdm minyak sayur, masukkan bawang Bombay dan bawang putih,  bumbu halus aduk-aduk hingga wangi, kurangi besarnya api kompor. Tambahkan saus tiram, sambel seafood, kecap manis, kecap asin, daun jeruk,tomat yang dibelah-belah, bawang daun. Adukk-aduk semua hingga merata.
Masukkan Sotong, Bakso,Tahu, aduk-aduk merata.  Tambahkan air , tambah besarnya api kompor, masak hingga daging Sotong lembut dan airnya menyusut.  Matikan api kompor, angkat hasil masakan tempatkan di dalam wadah.  Oseng-oseng Sotong Bakso siap untuk dinikmati.


Referensi informasi tentang Nutrisi / Kandungan gizi  pada Sotong:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar