Sabtu, 19 Juli 2014

Pizza  kreasi

Yang tinggal jauh dari kota  masih bisa menikmati kuliner yang satu ini dengan membuat Pizza  sendiri.  Penulis pernah makan pizza  merk "x" resto/merknys tapi harga yang dibayar mahal tidak sesuai dengan rasa yang diharapkan.  Penulis juga pernah makan pizza udang belian aduh asinnya.

Mencoba membuat sendiri kreasi Pizza yang bercita rasa indonesia. Banyak sayuran untuk suplay kesegaran kandungan mineral dan vitamin juga anti oksidan.



Pizza banyak menggunakan saus yang fungsinya selain untuk menambah kelezatan rasa juga sebagi perekat komponen bahan isi juga terhadap alas.  Bagi sahabat online yang bergigi sensitive   biasanya tidak tahan banyak-banyak makan saus botol karena rasa asem cukanya terasa seperti ngilu di gigi.  Jadi saus sambel/tomat botolnya bisa dipadu /campur dengan saus tomat buatan sendiri  atau keseluruhannya menggunakan siraman saus tomat buatan sendiri.  Untuk tidak menggunakan saus mayonise karena alasan yang sama juga mengandung cuka. Tapi no problem.

Porsi 2 loyang diameter 29 cm

Bahan Alas:
Tepung Terigu 250 gram
Tepung susu 2 sdm
Margarin 3 sdm
Telur 4 b
Ragi kue ½ sdm

Saus sambel  secukupnya
Saus seafood secukupnya
-------------------------------aduk menjadi satu

Bahan Atas:
Brokoli 300 gr
Labu Siam  ukuran kecil muda 1 b
Wortel ukuran sedang 1 b
Tomat merah besar 1 b
Bawang Bombay ukuran besar ½ b
Hati ayam 2 b
Sosis stick 4
Cornet sapi 2 sdm
Keju chedar 4 cm
Merica halus  1 sdm
Minyak sayur 3 sdm
Minyak Wijen 1 sdm

Cabai cilik merah 6b
Cabai cilik hijo 6 b
---------------------------- maklum sis, bro  cabai  Paprikannya ditunggu-tunggu belom juga datang, hehehe
  
Bumbu dihaluskan:
Bawang putih 3 siung
Bawang merah 4 siung
Merica butir 10 b

Cara membuatnya:
Panaskan margarine , dinginkan.
Masukkan telur  di dalam wadah agak besar kocok homogen hingga mengembang , tambahkan margarine  cair yang sudah dingin tadi , aduk rata.  Masukkan tepung susu, tepung terigu, uleni semuanya menjadi satu,   hasilnya adonan yang khalis/jenuh  seperti jenuhnya adonan kue bawang.Tutup wadah adonan biarkan hingga 1 jam atau kurang.

Bersihkan semua bahan mentah padat di air mengalir. Haluskan bumbu, sisihkan.
Kupas bawang Bombay belah-belah setebal ½ cm , potong dua masing-masing belahan.
Rajang kasar brokoli, kupas wortel dan potong-potong membentuk balok batang ukuran panjang  3 cm. Kupas labu Jipang, rendam kucek-kucek  di air supaya hilang getahnya, bilas di air bersih kemudian potong-potong memanjang berbentuk balok batang  juga, sisihkan semua sayuran.
Hati ayam dipotong-potong kecil,   sosis stick dipotong-potong setebal ½ cm, daging cornet di cacah-cacah halus.

Panaskan minyak goreng di dalam wajan, masukkan bumbu halus aduk, masukkan irisan bawang  Bombay , masukkan minyak wijen,  aduk-aduk hingga wangi, masukkan cacahan daging cornet masukkan rajangan hati ayam dan merica halus,   aduk-aduk masakan hingga wujud hatinya  menggempal, masukkan rajangan semua sayuran, sosis. Kalau masakan terlalu kering tambahkan air ½ gelas minum,  selanjutnya masak hingga semua matang  tapi jangan sampai kelewat matang, agar sayurannya tetap seger.

Ambil adonan dasar  ½ bagian,  bulat-bulatkan di tangan,letakkan di atas papan/meja/talam lebar  kemudian dilindes hingga pipih pake pelindes atau pakai sisi botol juga bisa. Pastikan bentuknya  bulat selebar luas pan teplon yang kita gunakan atau luasnya  kurang lebih dikit pun ga’papa.

Taruh alas yang sudah dilindes di dalam panci teplon, bentuk tepi-tepi alas seperti tepi wadah penampung agar isinya tidak mudah berserakan nantinya.  Buat pori-pori di seluruh permukaan alasnya dengan menggunakan rader atau pake sendok garpu  supaya energy panas dari pan teplon mudah merebak  ke seluruh bagian bahan isi sehingga kematangan alas dan isi  seimbang.

Lumuri alas dengan saus sambel hingga merata, tebar bahan isi secara merata di atasnya, siram lagi secara merata dengan saus, taburi cabai kecil , taburi dengan keju parut di lapisan atasnya(toping).  Tutup panci teplonnya, masak di atas ukuran api paling kecil hingga matang,  jika menggunakan kompor tungku bulat kecil dibagian tengah  kompor maka  jangan lupa untuk menggeser-geser  posisi panci teplon agar merata matangnya.

Jika masakan sudah matang ditandai dengan alas yang mengembang naik dan keju yang merekat ke lapisan bawahnya dan aroma  matang masakan yang merata.  Matikan kompor,  angkat letakkan hasilnya dalam  wadah besar, semprotkan saus,  potong-potong sesuai selera untuk dinikmati langsung atau ditaruh dipiring. Pizza kreasi   siap untuk dinikmati.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar