Rabu, 25 Oktober 2017


Bawal Kuning Sambal Nenas

Ikan Bawal Kuning memiliki daging yang tebal dan bertekstur lembut diolah dengan berbagai cara .





Bahan:
Ikan Bawal Kuning   1 ekor ± 600  gram
Buah Nenas matang  4 potong
Sayuran Kol secukupnya
Jeruk Lemon  Indonesia 4  buah
Minyak goreng secukupnya

Bumbu  halus:
Cabai Merah kampung segar 12  buah
Bawang Merah 6  siung
Bawang Putih 3 siung
Gula putih  ½ sendok makan
Garam secukupnya

Bumbu lain:
Bawang Bombay ¼ siung besar , dicacah kasar

Cara buat :
1)Buang sisik ikan dan ujung mulutnya , lumuri dengan 2  jeruk Lemon,  gosok-gosok lembut seluruh permukaan ikan, insangnya diperas  atau dibuang . Kucek lembut di dalam beskom berisi air kemudian sucikan di air mengalir, tempatkan di wadah . Sayat-sayat sisi ikan kiri dan kanan, lumuri dengan secukupnya garam dan air perasan jeruk lemon  kemudian tutup dan biarkan selama 5 menit. Sucikan semua bahan padat masakan. Haluskan bumbu halus.
2)Kupas kulit Nenas ,potong-potong kecil agar lebih menyatu dengan rasa bumbu sambal . Haluskan bumbu. Potong cacah bawang Bombay. Potong sesuai selera Sayuran Kol.
Panaskan minyak di dalam wajan goreng ikan hingga matang tetapi tidak sampai begitu garing tujuannya supaya daging ikan empuk dan gurih enyoi.  Goreng cacahan Bawang Bombay hingga matang kemudian tiriskan.
Tumis bumbu halus di dalam 4 sendok minyak sayur hingga aromanya harum atau hampir matang kemudian masukkan potongan buah Nenas, aduk sampai merata , matikan kompor
Tempatkan pootongan sayuran  Kol  di atas wadah, letakkan ikan di atasnya, taburkan sambal Nenas di atasnya bersama Gorengan Bawang Bombay. Bawal Kuning  Sambal Nenas siap untuk dihidangkan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar