Rabu, 25 Oktober 2017


Oseng – oseng Kepah Tahu 

Oseng-oseng Kepah Tahu
Kepah

Bahan:
Kepah kupas 1 bungkus  ±250 gram
Tahu lembut 10 potong kecil, pastikan tidak berasa asam
Air putih 2 gelas minum
Minyak sayur secukupnya

Bumbu  halus:
Kemiri  2 butir
Cabai Merah kampung kering 8 buah
Bawang Merah 5 siung
Bawang Putih 2 siung
Kunyit 1 ½ ruas jari
Jahe 1 ruas jari
Garam secukupnya

Bumbu lain:
Serai  2 batang , digeprek
Daun Salam 4 lembar

Cara buat :
Masukkan Kepah kupas ke dalam beskom ukuran isi air hampir penuh, kacau-kacaukan Kepah di dalam air agar kotoran yang melekat di Kepah lepas dan jika ada pasir maka akan mengendap ke dasar beskom. Raba dasar beskom apakah ada pasirnya , jika ada pasirnya maka pisahkan Kepah dari air dengan memungutnya dari dalam beskom dan masukkan ke dalam tapis/saringan. Ulangi lagi cara tadi dengan menukar air yang baru di beskom hingga tidak ada lagi endapan pasir di dasar beskom. Masukkan Kepah ke dalam saringan , siram dengan air suci. 
Potong-potong setiap Tahu  menjadi 4 bagian, sucikan dengan  air mengalir.tiriskan masukkan ke dalam beskom kecil taburi garam secukupnya. Goreng Tahu hingga agak kering, sisihkan .
Panaskan wajan masukkan Kepah ke dalam wajan , oseng-oseng hingga hampir Kepah seperti menggumpal dan mengering.
Panaskan minya sayur 4 sendok makan, tumis bumbu halus hingga wangi.MasukkanKepah dan Tahu ke dalam bumbu oseng-oseng hingga bercampur merata dengan bumbu. Tambahkan air 2 gelas minum. Geprek batang serai kemudian  simpul ikatan, masukkan ke dalam masakan. Masak hingga airnya menyusut. Matikan kompor , tempatkan makanan di dalam wadah, Oseng-oseng Kepah Tahu siap untuk dihidangkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar